Cara menghemat BBM

Diposting oleh email

BBM : http://scd-blogs.blogspot.com/Cara menghemat BBM - scd-blogs, kali ini akan ditambahkan lagi beberapa cara yang bisa dicoba. Dengan mengkombinasikan beberapa cara tersebut, maka diharapkan kendaraan anda akan semakin hemat dalam minum bahan bakar, dan tentunya hasil dari penghematan tersebut bisa anda gunakan untuk belanja atau makan-makan bersama keluarga.
Berikut beberapa cara sederhana agar konsumsi bahan bakar (BBM) semakin hemat :
  1. Perhatikan putaran mesin (RPM)
    Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memperhatikan besaran putaran mesin per menit (Rotation Per Minute/RPM), tenaga yang dihasilkan oleh mesin, serta torsinya. Pabrikan mobil umumnya mencantumkan semua indikator tersebut di buku pedoman atau buku manual mobil.
    Torsi dinyatakan dalam satuan Newton meter (Nm). Biasanya, pabrikan menyebutkan, misalnya torsi maksimal 150 Nm @ 2.500 RPM. Artinya torsi maksimum tersebut telah tercapai saat putaran mesin berada di 2.500 RPM.
    Karena, pada saat itulah supply BBM sangat sesuai dengan output yang dihasilkan mesin dan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.
    Agar asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin tidak melampui takaran atau boros maka sebaiknya menjaga RPM tetap di besaran itu saat berkendara. Pasalnya, pada saat itulah suplai BBM sangat sesuai dengan tenaga yang dihasilkan mesin untuk menggerakkan mobil.
    Untuk mengetahui seberapa besar besaran rpm saat berkendara, perhatikan gerakkan jarum RPM yang ada di tachometer. Peranti itu biasanya berada di instrumen cluster dashboard.
  2. Ikuti gaya elang terbang
    Elang terbang biasanya mengepakkan sayapnya beberapa kali dan kemudian merentang sayap dan terus melayang-layang di udara. Selain untuk menghemat tenaga, cara itu juga untuk terus menjaga laju terbangnya.
    "Dalam berkendara kita juga sebakinya seperti itu. Artinya jangan terus menerus menginjak gas dalam-dalam, tetapi seperlunya saja dan konstan," tandas Budi. Bahkan, bila jalanan menurun sebakinya lepaskan pedal gas dan injak pedal kopling. Sehingga, mobil tetap melaju meski tanpa dorongan dari tenaga dari mesin. Artinya, kita juga bisa berhemat bahan bakar.
demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat, terima kasih


Baca juga : Cara Agar Disukai Banyak Cewek | Cara Mencuri Bandwidth Wifi/Lan

noreply@blogger.com (David Almunandar) 03 Jun, 2011


--
Source: http://scd-blogs.blogspot.com/2011/06/cara-menghemat-bbm.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

MAAF,KHUSUS YANG PUNYA HP SAJA YANG BOLEH KLIK ini:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar